Friday 23 January 2015

CREATIVE COMMON LICENSE DALAM PENYAMPAIAN MAKLUMAT POST KE 7




Maksud creative common license :

Creative Common membantumu mempublikasikan hasil karyamu secara online dan memberi peringatan orang lain apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan hasil karyamu. 


Jenis - jenis creative common license :



  • Attribution (CC-BY)
  • Attribution Share Alike (CC-BY-SA)
  • Attribution No Derivatives (CC-BY-ND) (
  • Attribution Non-Commercial (CC-BY-NC)
  • Attribution Non-Commercial Share Alike (CC-BY-NC-SA)
  • Attribution Non-Commercial No Derivatives (CC-BY-NC-ND


 Lapisan akhir dari desain lisensi mengakui bahwa perangkat lunak, dari mesin pencari sampai dengan perangkat produktivitas kantor sampai dengan penggubah musik, memainkan peran besar dalam penciptaan, penyalinan, penemuan, dan distribusi ciptaan. Dalam rangka memudahkan Web untuk mengetahui kapan ciptaan tersebut tersedia di bawah lisensi Creative Commons, kami menyediakan versi lisensi yang "terbaca mesin" - ringkasan dari kebebasan dan kewajiban penting yang ditulis dalam bentuk yang dapat dibaca sistem perangkat lunak, mesin pencari, dan jenis teknologi lainnya. Kami mengembangkan sebuah cara standar untuk menggambarkan lisensi yang dapat mengerti oleh perangkat lisensi disebut CC Rights Expression Language (CC REL).

Konsep creative common license :


Menyampaikan mengenai konsep lisensi Creative Commons (CC) yang selama ini saya gunakan di blog ini. Konsep lisensi CC dipromosikan sejak tanggal 16 Desember 2002 oleh Creative Commons, sebuah organisasi non-profit di Amerika Serikat. Pada dasarnya, lisensi CC ini membantu pemilik karya cipta untuk menyatakan sikapnya atas penggunaan hak cipta yang dimilikinya.

Apabila seorang blogger mem-posting karya ciptanya di blog, maka secara hukum setiap orang harus tahu bahwa karya cipta itu dilindungi hak cipta. Dengan begitu, tidak boleh ada orang yang memperbanyak atau mengumumkan karya cipta itu tanpa seizin pemiliknya. Namun, mungkin saja blogger itu sebenarnya membolehkan orang lain memperbanyak karya ciptanya dengan syarat namanya tetap dicantumkan pada karya cipta itu. Tanpa ada pernyataan sikap yang jelas, orang lain tidak akan mengetahui hal itu.

Lisensi CC memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menyatakan sikapnya tersebut. Blogger dapat membubuhkan pada karya ciptanya simbol-simbol unik yang merepresentasikan sikapnya sesuai ketentuan lisensi CC. Untuk jelasnya, silakan melihat di link berikut:www.creativecommons.org/licenses.

Simbol-simbol itu berlaku dan dipahami secara universal di negara-negara yang menerapkannya. Sama seperti rambu-rambu lalu lintas yang pada umumnya sama di berbagai negara dan dipahami secara universal. Untuk mengaplikasikan lisensi CC di suatu negara perlu ada organisasi khusus di negara tersebut yang bertanggungjawab untuk memastikan bahwa lisensi CC sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tersebut. Sayangnya, di Indonesia belum ada organisasi yang berinisiatif melakukannya. 


BAGAIMANA CREATIVE COMMON LICENSE MEMBANTU KITA ?

CREATIVE COMMON LICENSE dapat membantu seseorang berasa selamat dalam berkongsi dan membina sesuatu kerja yang telah dibuat dengan menerbitkannya di bawah lesen Creative Commons.

CREATIVE COMMON  memberikan seseorang berasa fleksibiliti sebagai contoh, anda boleh memilih untuk hanya membenarkan kegunaan bukan komersial  dan melindungi orang-orang yang menggunakan karya anda , supaya mereka tidak perlu bimbang tentang pelanggaran hak cipta , selagi mereka mematuhi syarat-syarat yang anda nyatakan .



No comments:

Post a Comment